Minggu, 23 Juni 2013

Seminar Demokrasi Pencegahan Praktik Politik Golput dan Anarkis


Sungailiat - Dalam rangka menyambut Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Walikota/Wakil Walikota Pangkalpinang dan Bupati/Wakil Bupati Kbaupaten Bangka, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung ( BEM FE UBB ) menggelar sebuah seminar demokrasi yang berlangsung di Gedung Serbaguna RRI Sungailiat , Kamis 20 Juni 2013 dan sisiarkan LIVE oleh RRI Pro 1 Sungailiat 96,4 FM.

Seminar yang diketuai oleh Supriyandi ini diadakan dalam rangka untuk memberi pengetahuan seputar dunia politik sehingga dapat menghindari terjadinya praktik anarkis dan golput, terutama di kalangan pemilih pemula yakni pelajar SMA dan Mahasiswa yang telah memiliki hak pilih. Dalam sambutannya, Supriyandi mengatakan berharap bahwa seminar ini dapat bermanfaat kepada seluruh masyarakat dan tidak hanya untuk peserta seminar ini saja.

Hadir pula sebagai tamu undangan, Bapak Donnny Yanuar,  SE, MM yang mewakili Dekan Fakultas Ekonomi UBB, beliau menyatakan bahwa UBB dan Fakultas Ekonomi khususnya sangat mengapresiasikan kegiatan seminar yang diadakan oleh mahasiswa ini dan beliau berharap banyak kegiatan serupa yang akan digelar lagi nantinya.


Seminar yang dipandu oleh moderator Lalang Gumilang dari RRI Sungailiat ini menghadirkan 2 narasumber, yakni Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka, Bapak H. Mat Zen Mat Yasin serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bangka, Bpk. Teddy Sudarsono. Dalam materi yang disampaikan, baik Bapak Mat Zen maupun Bapak Teddy menyampaikan pesan yang isinya mengajak masyarakat luas khususnya pemilih pemula untuk menghindari terjadinya golput dan politik anarkis dalam setiap kegiatan Pemilihan Umum, baik bersifat daerah maupun nasional.

Para peserta seminar juga tcukup antusias, hal ini dapat dilihat dari berbagai pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber . Pertanyaan-pertanyaan tersebut umumnya bersifat kritis dan menggambarkan fakta sesungguhnya di lapangan.

Di kesempatan yang sama, para narasumber juga berharap agar Pemilukada yang akan berlangsung di Kabupaten Bangka dan Kota Pangkalpinang dapat berjalan dengan lancar dan dengan situasi yang kondusif sehingga tidak memancing terjadinya aksi anarkis yang dilakkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Di akhir acara, panitia yang diwakili oleh Supriyandi selaku Ketua Pelaksana memberikan kenang-kenangan berupa pigam apresiasi kepada para narasumber. (fl)